December 28, 2013

#JogjaRomantis

Cie banget nggak sih judul saya kali ini? :))

Jogja Romantis adalah satu tajuk acara flashmob orkestra dan paduan suara oleh NgayogStringkarta dan Paduan Suara Yogyakarta (PSY) di titik 0 km tanggal 28 Desember 2013. Iya, flashmob. Kamu nggak salah baca. Awalnya tahu acara ini adalah dari timeline twitter. Saya iseng aja kan, ini apaan acara manis banget tajuknya. Ternyata orkestra! Hah saya lemah sama hal beginian. Langsung deh stalking kesana kemari untuk cari tahu tepatnya jam berapa dan nggak ketemu. Bahkan mereka nggak mencantumkan dalam poster resmi yang desainnya ada tiga biji. Niat bangeeeettttt.

Blablabla intinya hari-H saya ajakin kakak buat nontonin. Kami berangkat jam empat sore dan sesungguhnya saya takut kelewatan. Kenapa? Ini musim liburan, Jogja macetnya subhanallah bikin tobat banget. Jam empat lebih sekian sekian menit kami sampai di seberang Monumen Serangan Oemoem 1 Maret dan belom keliatan apa-apa kecuali sound dan mic yang udah ditata rapi. Bahagia, untung belom mulaaaaaiiiiii~~~

Mulainya jam lima-an ditandai dengan satu orang cello-ist (iye, ini ngasal kasih nama) yang tiba-tiba ambil tempat, duduk, dan menggesekkan bow ke senar. Saya pikir dia lagi stem cello sampai kemudian datang satu orang lagi bawa cello, kemudian datang yang lain lagi, lain lagi bawa biola, lain lagi gendong bass, sampai utuh satu tim. Saya salah banget! Kemudian saya sadar kalau mereka sedang menyamakan tempo (sebenernya ini lebih sok tahu lagi)  dan langsung cus mainin satu komposisi (aduh, judulnya nggak tahu...) sebagai opening. Keren.

Ini lagi ya, kan saya tahunya ada dua komunitas yang berpartisipasi, jujur saya nyariin dalam hati 'ini yang paduan suara mana sih?' dan kalian tahu apa? Ternyata mereka membaur sebagai penonton. Di depan saya. Sialan, keren banget. Lagu yang dimainin bagus-bagus, hasil aransemennya sadis-sadis. Mulai lagu Si Kodoknya Ria Enes (anak 90an pasti tahu!), Just the Way You Are, Alamat Palsu, Don't You Worry Child, dan Paradise yang epic jadi penutup. Lagu openingnya saya nggak ngerti judulnya -,-)v

Oh iya, tadi saya bilang ini flashmob kan? Soalnya gitu, siapa-siapa aja yang terlibat di dalamnya nggak ketahuan. Contohnya aja si anggota-anggota paduan suara PSY itu. Terus, selesai mainin semua komposisi, member NgayogStringkarta dan PSY ya langsung bubaran bawa alat musik masing-masing gitu aja kaya nggak ada apa-apa. Anjir :))

Saya kehibur banget, cuma satu yang kurang. Kurang lama. Seriusan.

Jadi, kalau kamu orang Jogja dan mengapresiasi musik dan nggak dateng nontonin Jogja Romantis ini, saya berani bilang kalau kamu pasti menyesal :p By the way, saya nggak ambil gambar, foto-foto di bawah ini hak miliknya ada pada Mila -- teman baik saya yang nggak paham gimana baju kami samaan dong _-_




Silahkan klik di sini untuk tahu keseruannya Jogja Romantis seperti apa dan klik di sini untuk mendengarkan lagu-lagu yang dimainkan pas hari-H! Enjoy!

No comments:

Post a Comment